Our Blog

What we post and publish is awesome!

Bisnis Peternakan Di Indonesia Kena Tarif Pajak

Bisnis Peternakan Di Indonesia Kena Tarif Pajak

Tax Consultant Jakarta – Karena Indonesia merupakan negara berkembang dengan total penduduk yang sangat pajak jadi urusan perpajakan yang berlangsung di negara ini bisa dibilang cukup rumit dan ruwet, masih banyak pihak-pihak atau wajib pajak yang belum membayar hutang pajak ke negara, belum memiliki kesadaran membayar pajak.

Secara umum, ada banyak sekali jenis-jenis pajak yang kita kenal, mulai dari pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak kendaraan bermotor, pajak bumi dan bangunan bahkan bea dan cukai.

Namun bagi mereka yang memiliki usaha peternakan, secara umum ada pajak yang pasti dikenakan terhadap usaha peternakan mereka yakni PPh dan PPN. PPh atau pajak penghasilan akan dikenakan pada pengusaha peternakan yang memperoleh pendapatan dari hasil peternakannya sedangkan PPn atau pajak pertambahan nilai dikenakan atas sejumlah pertambahan nilai dari jasa dan barang dalam peredarannya dari pengusaha selaku produsen ke konsumen.

Anomali yang Terjadi Di Peternakan

Bila bicara secara makro, dana dari pajak merupakan pondasi pemerintah untuk dapat terus bertahan dari hutang negara dan pembangunan negara yang tiada habisnya. PPN yang dipungut di semua bisnis alangkah baiknya bila ditiadakan sebab, peternak memiliki kepentingan untuk memperoleh pakan hewan ternak dengan harga terjangkau, bukan murahan tapi tidak terlampau mahal pula. Jika ada PPN di pakan ternak maka akan sangat memberatkan para peternak karena berimbas pada kenaikan harga pakan yang jadi melonjak tinggi sehingga ada baiknya bila bahan baku pakan tidak dikenakan tarif pajakā€ menurut peternak boiler di Bogor, Jabar.

Aturan baru yang berlaku di mana pengenaan pajak pun dipungut pada mereka yang melakukan bisnis obat hewan. Pada bisnis ini walaupun tertunda proses pelaksanaannya, namun surat edarannya sudah beredar yang mana mengharuskan tiap pembelian vaksi, feed additive, dan obat mencantumkan NIK pembeli.

Pada saat pelaku bisnis obat hean menginput e-pajak mesti ada NIK jika tidak maka tidak akan pernah bisa diproses. Dari NIK ini pihak pajak yang berwenang akan menyisir siapa saja pelaku usaha peternak yang rajin melakukan pembayaran pajak serta pihak yang sebaliknya.

Leave a Reply